Total Tayangan Halaman

Selasa, 21 Desember 2010

Operasi Lilin, Polres Kerahkan 293 Personil

MARTAPURA – Dalam rangka pengamanan hari Natal dan Tahun Baru 2011, Polres OKU Timur akan menggelar Operasi Lilin dengan menurunkan sebanyak 293 personil. Terdiri dari, 257 personil Polri, 6 Personil dari TNI, 12 Personil Dinas Perhubungan (Dishub), 12 personil Pol PP dan 6 staf dari Dinas Kesehatan (Dinkes).

Sejumlah personil akan disebar di sejumlah titik yaitu gereja, pusat perbelanjaan, dan lokasi rawan kriminal lainnya. “Semuanya titik rawan akan diamankan semua. Untuk liburan tahun baru juga akan dijaga,” ujar Kapolres OKU Timur AKBP ML John Mangundap SH SIk, memalui Kabag Ops Kompol Gendi Marzanto SH.

Dikatakaan, dari 257 personil polres OKU Timur, 202 diantaranya dikhususkan untuk melakukan penjagaan terhadap 101 gereja yang tersebar di OKUT. “Satu gereja masing-masing dijaga dua anggota polisi,” kata Gendi.

Selain melakukan penjagaan terhadap gereja, Polres juga menyiapkan 2 Pos pengamanan (Pos Pam), yakni Pos pam di Simpang empat Tanjung Kemala Martapura, Pos Pam di pasar Gumawang Belitang. “Masing-masing pospam akan dijaga oleh personil dari Polri, TNI, Dishub, Pol PP dan dari dinas kesehatan,” ungkapnya.

Gelar Pasukan Operasi Lilin ini rencananya dilakukan pada 23 Desember 2010 mendatang. Sedangkan untuk kategori daerah rawan, nanti akan ditingkatkan pengamanan mulai dari penjagaan yang perketat dan patroli. “Selain itu untuk wilayah yang rawan laka dan kriminalitas lainnya. Penempatan personil dari jauh-jauh hari sudah mulai menjaga tempat yang masuk kategori rawan,” ucap Gendi.

Dari keterbatasannya personil antara Polres dan Polsek untuk mengamankan Kabupaten OKU Timur perlu peran penting tokoh masyarakat dan agama ikut serta dalam pengamanan jalannya Natal dan Tahun baru. Nantinya pengamanan di sejumlah titik rawan tergantung dari masing-masing Polsek. “Kita akan terus mewaspadai secara langsung pengamanan sampai situasinya kondusif,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar