Total Tayangan Halaman

Selasa, 21 Desember 2010

Jalan Provinsi Kembali Rusak


MARTAPURA – Kerusakan jalan milik provinsi seakan tiada habisnya. Kerusakan jalan mencapai puluhan kilometer jalan provinsi di Kabupaten OKU Timur masih saja terjadi. Seperti jalan sepanjang 22,8 km yang menghubungkan Desa Kurungan Nyawa, Kecamatan Buay Madang menuju Gumawang, Kecamatan Belitang. Selain itu, jalan provinsi jalur komering dari Desa Kurungan Nyawa hingga Simpang Kepuh Desa Rasuan, Kecamatan Madang Suku I sepanjang 48 km juga mengalami rusak. Padahal saat ini kondisi jalan masih masuk masa pemeliharaan.

Anggota DPRD OKU Timur dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Ibrahim mengungkapkan, kondisi jalan milik provinsi sampai sekarang belum dilakukan perbaikan secara serius oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPU-BM) Sumatera Selatan (Sumsel). Bahkan terkesan dibiarkan. Meski dilakukan perbaikan sifatnya hanya tambal sulam dan tidak serius.

Selain jalur Kurungan Nyawa menuju Belitang, kerusakan jalan milik provinsi juga terjadi di jalur komering. Di sini, kerusakan terlihat parah. Lubang berdiameter besar terlihat di beberapa ruas jalan, bahkan sebagian nyaris membuat jalan terputus. “Kita sangat berharap agar kiranya pihak provinsi segera melakukan perbaikan dan jangan sampai kita dianaktirikan,” tukasnya.

Kerusakan jalan milik provinsi ini sudah cukup lama. Namun hingga kini belum ada perbaikan, bahkan terkesan dibiarkan rusak. Karenanya, dia meminta agar pihak terkait segera mengambil langkah-langkah kongkrit untuk melakukan perbaikan jalan. “Ya jangan sampai masyarakat menjadi marah karena merasa OKU Timur ini dianaktirikan oleh provinsi,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas PU BM OKU Timur Ir Agus Sunaryo, MM mengungkapkan, ruas jalan milik provinsi yang terdapat di kabupaten OKU Timur kembali rusak. Padahal saat ini masih masuk dalam tahap pemeliharaan.

“Untuk perbaikan jalan milik provinsi di OKU Timur tahun depan Pemerintah provinsi (Pemprov) sudah menyiapkan dana sebesar Rp 33,8 miliar lebih. Yang mencakup tiga bidang pekerjaan yang akan dilaklakukan oleh PU BM, PU Cipta Karya (CK) dan PU Pengairan,” ungkapnya.

Dirincikan, untuk perbaikan jalan provinsi, dana yang sudah dialokasikan sebesar Rp28,5 miliar sisanya untuk proyek yang ada di PU CK dan PU Pengairan. Ruas jalan provinsi di OKUT yang akan ditingkatkan pada 2011 diantaranya jalur Gumawang – Petanggan – Kurungan Nyawa – Desa Kota Baru Martapura dianggarkan Rp 3,5 miliyar. Guna peningkatan ruas jalan KTM Belitang dianggarkan sebesar Rp 1,5 miliar. Peningkatan Ruas Jalan Kurungan Nyawa-Belitang dialokasikan dana sebesar Rp 7 miliyar.

Kemudian ruas jalan yang menghubungkan Petanggan-Tanjung Kemuning-Batas OKI dialokasikan sebesar Rp 6 miliyar. Simpang Kepuh– Kurugan Nyawa Rp 6 miliyar. Kurungan Nyawa-Martapura Rp 6 miliar dan dana yang akan dialokasikan untuk pemeliharaan ruas jalan Martapura - Simpang Martapura – Muaradua sebesar Rp 3,5 miliyar lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar